android kit kat

Sistem operasi Android terbaru yang akan melanjutkan sistem operasi Android seri 4.1, 4.2 dan 4.3 Jelly Bean ini mempunyai nama KitKat. Pemberian nama KitKat sendiri cukup mengejutkan bagi sejumlah kalangan, pasalnya jauh sebelumnya rumor telah beredar luas bahwa sistem operasi penerus Jelly Bean mempunyai nama Key Lime Pie.
Selain nama yang mengejutkan, sistem operasi ini juga masih menggunakan seri 4.4 yang merupakan lanjutan dari Jelly Bean, bukan menggunakan seri 5.0. Penggunaan nama KitKat sendiri tidak menyalahi aturan yang dibuat Google yang selama ini mengurutkan nama sistem operasi buatannya menggunakan urutan alphabet dengan nama makanan penutup atau dessert. Pada seri sebelumnya adalah Jelly Bean dengan huruf awalan J lalu banyak orang menyangka bahwa nama selanjutnya adalah Key Lime Pie yang menggunakan huruf awalan K.
Pemberian nama KitKat sendiri memang mengejutkan, pasalnya KitKat merupakan nama sebuah produk bukan nama sebuah makanan umum yang biasa digunakan Google. Namun alasan Google menggunakan nama KitKat adalah produk ini merupakan coklat batangan kesukaan seorang Kepala Teknik Android Google Hiroshi Lockheimer, ungkap juru bicara Google.
Yang menarik dari hal ini adalah tidak terjadi adanya pertukaran uang di dalam penamaan Android KitKat yang dilakukan oleh pihak Google dan Nestle. Namun, elemen penting yang terjadi di dalam pemberian nama ini adalah produk KitKat adalah adanya produk KitKat sebanyak 50 juta yang ada di 19 negara akan memiliki branding Android dan menawarkan pembeli untuk mendapatkan kesempatan memenangkan Google Play Gift Card dan Nexus 7.
Sampai saat ini, pihak Google sendiri belum mengumumkan apa saja fitur yang ada di dalam sistem operasi Android 4.4 KitKat. Namun pihak Google sempat mengatakan “Tujuan kami menggunakan Android KitKat saat ini adalah untuk membuat pengalaman Android yang menganggumkan untuk semua orang”. Bersamaan dengan statement itu juga muncul beberapa bocoran mengenai apa saja fitur yang ada di dalam Android KitKat, diantaranya :
1. Display High Definition yang lebih baik yang belakangan ini banyak terdapat pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Android.
2. Ketahanan baterai dengan menghadirkan fitur built-in power saving buatan Android, bukan bawaan vendor penyedia perangkat.
3. Mendukung prosessor Tri-Core seperti bentuk coklat KitKat yang terdiri dari 3 buah.
4. Singkronisasi SMS antar perangkat sebagai solusi pengguna Android yang sering berganti SIM card dan perangkat.
5. Menggunakan RAM sekitar 512 MB.
6. Pengalaman menggunakan multi-sensor menarik.
7. Menyesuaikan orientasi layar dan mendukung dual layar.
Perkembangan terakhir mengungkapkan bahwa rilisnya Android 4.4 KitKat akan bersamaan dengan keluarnya LG Nexus 5 pada 14 Oktober mendatang. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena sebelumnya Nestle juga mengatakan bahwa Android KitKat akan rilis pada bulan Oktober.

Comments