Jenuh ketika jadi mahasiswa tingkat akhir? Ini solusinya!



Jenuh ketika jadi mahasiswa tingkat akhir? Ini solusinya!

Jadi mahasiswa tingkat akhir emang bikin jenuh, tapi kalo kamu ingat hal hal ini pasti akan membuat kamu jadi bersemangat lagi, ini buktinya!
Gambar
Agan & sista udah jadi mahasiswa tingkat akhir atau bahkan udah mau lulus nih? Yak, jadi mahasiswa tingkat akhir memang menjadi dilema tersendiri di kalangan mahasiswa. Ada yang memikirkan skripsi, ada yang sambil kerja part time, ada juga yang masih sibuk scrolling hp-nya sambil guling-guling. Nah buat kalian yang lagi jenuh dan tak tahu arah, ente bisa simak tips-tips dari ane ini.
1.       Kembali prioritaskan tugas utama agan
Gambar
Yak, kalo kalian udah jenuh bertahun-tahun mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, merasa hidup ini berjalan di tempat, ada baiknya agan & sista mengingat kembali prioritas ente sebagai mahasiswa tingkat akhir, apakah di kampus agan diwajibkan untuk membuat semacam tugas akhir sebagai syarat kelulusan atau harus menyusun skripsi, fokuslah, dan jadikan itu prioritas ente, jangan sampe hal lain di luar itu mendominasi dan mengakibatkan tertundanya prioritas agan & sista.
2.       Ringankan beban orang tua
Gambar
Buat ente yang masih punya orang tua, ada baiknya nih ente bisa sedikit meringankan beban orang tua, mengingat umur ente yang udah ga bisa di bilang anak kecil lagi, maka ente harus bisa sedikit meringankan beban orang tua, buat yang masih tinggal satu rumah sama orang tua, bisa bantu-bantu apa gitu di rumah, meringankan pekerjaan orang tua, itung-itung membalas budi jasa mereka yang sebenarnya gak akan pernah bisa terbalas. Nah buat yang rantau, ente harus tahu diri, kalo emang ente belum dapet kerja atau part time, seengganya mulai kurangi deh jajan-jajan yang ga perlu, apa lagi duit kiriman dari orang dibuat beli rokok, minum-minum, kasihan orang tua ente gan.
3.       Tingkatkan kembali hobi kalian yang sempat terkubur
Gambar
Ada kalanya ente sebagai mahasiswa tingkat akhir jenuh dengan aktivitas mengerjakan tugas akhir atau menyusun skripsi, nah solusinya ente bisa mengasah kembali hobi ente yang positif, yang suka nulis, mulai buat deh tulisan, kayak thread di kaskus ini misalnya, yang hobi main musik, asah lagi skill main musik kalian, pokoknya tingkatkan level yang ada di hobi kamu masing-masing, hal ini juga pastinya bakal bermanfaat nantinya buat masa depan agan & sista.
4.       Bentuk habbit atau kebiasaan yang baik mulai sekarang
Gambar
Ketika ente masih mahasiswa tingkat menengah mungkin ente saking sibuknya sama kuliah, ngerjain tugas, dan aktif di orrganisasi jadi mengabaikan habbit atau kebiasaan baik yang sebenarnya harus dibentuk sejak dini, dari bangun tidur sampai tidur lagi, misalnya ente kudu bangun pagi gan, jam 5, buat sholat shubuh, nah ketika ente udah niat begitu, harusnya ente ngerti dong kalo malemnya ga boleh begadang, biar kagak kesiangan. Terus lanjut dah jam 7 mandi pagi. Katanya mau jadi orang sukses, masa jam segini belum mandi?
5.       Mulai buat rencana setelah agan sista lulus nanti
Nah ini juga gak kalah penting dari poin di atas, di samping ente kudu mengisi waktu ente, ente juga harus mulai membuat rencana untuk kedepannya gimana? Ente abis lulus mau ke mana? Mau ngapain? Ga mau kan dikatain pengangguran kaya sarjana-sarjana lain? Makanya menurut ane rencana itu penting, apa yang agan & sista rencanakan ini bisa menjadi patokan kalian untuk melangkah ke depan, orang yang punya rencana yang jelas gak akan bingung mau pergi ke mana, angkot aja punya tujuan, masa ente kaga?
6.       Sesekali bolehlah refreshing
Kalo misalnya ente sekarang udah mulai ngerjain tugas akhir atau skripsi, untuk menyegarkan pikiran kembali, ente boleh kok sesekali refreshing, misalnya jalan-jalan ke tempat wisata bareng teman kampus, nah ini juga bisa mempererat tali pertemanan kalian, mengingat mahasiswa tingkat akhir kan biasanya udah gak ada kuliah dan pasti jarang ke kampus, apalagi kumpul sama teman-teman, mumpung masih menyandang status mahasiswa, bolehlah ente pererat kembali tali pertemanan yang sempat menghilang karena udah pada jarang ngumpul di kampus.
7.       Jangan lupa berdoa dan terus berusaha
Hasil dari apa yang telah agan usahakan tidak terlepas dari kehendak tuhan, maka dari itu, jangan lupa berdoa, meminta kemudahan dan dilancarkan segala urusannya, karena ketika kita berdoa, berarti kita telah siap menerima apa yang kita harapkan, dan dengan doa aja gak cukup agan & sista, kalian juga ga boleh berhenti berusaha, jangan pernah puas dalam mengejar cita-cita dan jadilah manusia produktif yang bisa berguna bagi manusia lainnya. Intinya ente harus terus berusaha mencapai apa yang agan & sista inginkan.
Nah itu dia beberapa tips dari ane yang juga masih berstatus mahasiswa tingkat akhir yang sama kaya kalian, jadi tips ini ga cuma buat kalian, tapi juga sebagai pengingat buat diri ane pribadi, dan semoga kita semua bisa mengambil manfaatnya, intinya fokuslah dengan tujuan kalian dan jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Semoga kita semua diberi kemudahan dalam menggapai cita-cita kita. Amiin.
Lihat juga artikel menarik lainnya dari faruq abdulhaq

Comments