Mengatasi Pedihnya Kehabisan Kuota





Pada suatu pagi yang gelap, gue terbangun karena suara alarm dari hape.. orang. Soalnya gue ga pernah pasang alarm pagi-pagi. Dengan berusaha keras membuka kantung mata yang berat ini, keadaan masih gelap, karena kalau gue tidur miasanya lampu kamar dimatiin.
Seperti kebiasaan manusia di zaman ini, barang yang pertama dicari ketika baru bangun tidur adalah.. hape. Karena keadaan gelap dan males bangun, biasanya gue ngeraba-raba sekitaran kasur dengan mata tertutup. Suasana semakin mencekam ketika hape gue ga ketemu-ketemu, biasanya kalian juga akan panik, jantung berdegup semakin kencang, mata mulai bisa melek, demi mencari tuh hape, dan ternyata hape gue ada di balik bantal. *bruk!* gue menghela napas dan tiduran lagi.
Hal yang pertama dilihat di layar hape adalah jam, terus biasanya ada notifikasi pesan masuk dari.. operator. Menginfokan bahwa sisa kuota internet anda hampir habis. Hanya SMS aja? Iya. Soalnya kebiasaan gue kalo tuh hape lagi gak di pake, gue matiin semua notifikasi, karena hal itu ternyata lumayan bisa menghemat kuota internet kalian loh! Gak percaya? Berikut gue tulis hal apa aja yang bisa mengatasi hape lo kehabisan kuota:
1.       Jangan aktifkan notifikasi
Coba lo cek penggunaan data (data used) di hape lo, lihat lagi rincian penggunaan data per aplikasi, gue berani nebak aplikasi teratas alias paling banyak menguras data adalah Instagram, diikuti dengan BBM, lalu browser, dan LINE/WA. Sadar atau tidak, meskipun kalian tidak membuka aplikasi tersebut, notifikasi yang sering muncul di notif bar kalian itu cukup menguras data, bahkan di beberapa aplikasi seperti BBM, data notif bisa lebih besar daripada data pemakaian ketika kalian membuka aplikasinya. Untuk menghemat data, kalian cukup menonaktifkan notifikasi dari setiap aplikasi tersebut.
2.       Prioritaskan WhatsApp
Ya, kalian semua tahu, whatsapp adalah aplikasi chatting yang paling sedikit menguras data karena manajemen aplikasi yang telah disetting sedemikian rupa ketika kalian mendownloadnya. Jadi sebanyak apapun kalian chatting dengan banyak teman, tidak akan menguras data terlalu banyak, hal ini bisa jauh lebih hemat daripada aplikasi chatting lainnya seperti BBM, LINE, dll.
3.       Hobi Browsing? Gunakan Opera Mini
Gue inget dari jaman gue punya hape nokiyem kecil yang bisa internetan, gue mulai suka browsing pake opera mini, karena layarnya bisa berubah jadi landscape, FYI dulu hape nokiyem keypad gak bisa mode landscape, tapi dengan opera mini, layar kecil serasa lebar dengan mode landscape, dan dari dulu juga warna temanya bisa diganti sesuai keinginan kita, loadingnya juga dari dulu udah cepat, padahal pake hape jadul.
4.       Manfaatkan Free WIFI
Sebagai mahasiswa yang duitnya pas-pasan, gue nyadar kalo Cuma manfaatin data selular terus, bisa-bisa gue ga makan gara-gara bolak-balik counter buat beli paketan, dan naluri anak kos pun keluar buat milih manfaatin WIFI gratis, bisa di cafe, di kampus, dan di tempat umum lainnya. Dengan begitu, kebutuhan jaringan internet gue terpenuhi, gue juga jadi bisa makan. Jadi data selular gue Cuma buat prioritas whatsapp dan browsing kalo mendadak, kalo mau senang-senang dan download atau streaming, gue tinggal manfaatin WIFI GRATIS, ngenet nyaman, dompet aman J
5.       Jangan buka hape mulu si
Coba kalian melakukan kegiatan lain selain menggunakan hape ketika jauh dari lingkungan WIFI gratis, seperti menekuni hobi kalian, bisa main musik, nulis, bikin video, nah, kalo udah ketemu sama tuh WIFI Gratis, baru deh upload semua J
Saran gue, selama kalian bisa menghemat, kenapa memilih untuk boros? Manfaatkan kesempatan yang ada di sekitar kalian, karena kesempatan gak datang dua kali loh, dengan menghemat, kalian bisa menggunakan sisa uang itu untuk hal lain yang lebih bermanfaat.
Okeh teman-teman mungkin itu aja tips dari gue untuk mengatasi pedihnya mahasiswa dengan kantong cekak kayak gue biar gak terus-terusan kehabisan kuota. Kalian punya pengalaman tentang kehabisan kuota internet? Atau punya tip yang lebih unik? Silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini ya J I’ll see you in the next post and sayonaraa!

Comments