Rumahku, Sumber Inspirasiku




Delapan tahun merantau dan merasakan istimewanya kota Jogja membuatku sadar bahwa kota ini telah menjadi ‘rumah’ selama aku di sini. Telah banyak pengalaman yang aku dapatkan selama aku menuntut ilmu di kota ini, terutama pengalaman berpindah-pindah tempat tinggal. Mulai dari pengalaman tinggal di asrama, tinggal di kos-kosan, sampai tinggal di rumah kontrakan.

Tapi kali ini aku akan menceritakan kepada kalian semua tentang pengalamanku tinggal di rumah kontrakanku yang sekarang aku tempati ini. Jadi berawal dari ajakan dari temanku untuk tinggal bersama dan menyewa sebuah rumah di dekat kampus, agar akomodasi berangkat ke kampus bisa lebih mudah dijangkau, akupun menyetujuinya dengan pertimbangan biaya sewa yang cukup murah, rumah yang cukup luas, dan letaknya dekat dengan kampusku.

Hingga kini sudah hampir 2 tahun aku menetap di rumah ini bersama keempat teman-teman kuliahku. Meskipun aku sudah berpengalaman dalam berpindah-pindah tempat tinggal, tetapi hal itu bukanlah hobiku. Sehingga aku berusaha membuat rumahku yang sekarang ini menjadi tempat tinggal yang nyaman dan bermanfaat bagiku dan bagi orang lain.

Hidup bersama teman merupakan pengalaman berharga bagiku. Meskipun ini bukan pertama kalinya, karena dulu ketika tinggal di asrama, aku hidup bersama dengan puluhan teman sekolahku, tetapi aku tetap mendapatkan banyak pelajaran dalam hidup bersama-sama, seperti pelajaran toleransi, saling menghargai dan tetap menjaga privasi.

Selain dengan melaksanakan kewajiban merawat rumah seperti menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban, aku juga berusaha agar rumahku ini bisa memberikan manfaat yang lebih dari sekedar untuk istirahat. Aku ingin rumahku bisa membuatku lebih hidup, dan bahkan bisa menghidupiku.

 

Aku sendiri telah menjadikan kamarku sebagai tempat syuting dan studio musik. Sudah banyak karya-karya video musik yang aku buat dan diunggah ke [Youtube]. Dengan menjadikan kamarku sebagai media penyalur hobi dan kreativitas, aku merasakan rumahku, khususnya kamarku, menjadi hunian yang nyaman dan lebih bermanfaat.

Ketika video-video yang aku unggah ke youtube itu bisa menghasilkan pendapatan, maka kamar yang aku jadikan tempat syuting dan studio musik itu bisa menjadi sebuah tempat untuk memancing rejeki. Jadi selain menjadi sebuah tempat tinggal, tempat untuk beristirahat. Kamarku juga bisa digunakan untuk mengasah kreativitasku dan menghasilkan pendapatan. Sangat bermanfaat bukan?

 

Aku juga telah menjadikan kamarku sebagai ruang kerjaku untuk mendapatkan ide-ide dalam menulis. Kini sudah banyak tulisan-tulisan yang aku buat dan aku posting di blog. Ide-ide tulisan itu aku dapatkan dari hasil berimajinasi di kamarku yang nyaman. Biasanya hobi menulis ini aku salurkan pada lomba-lomba menulis yang di adakan di internet. Ketika tulisan-tulisanku terpilih menjadi pemenang, maka aku pun mendapatkan hadiah. Jadi kamar yang aku gunakan sebagai tempat untuk menulis ini bisa menjadi sebuah tempat untuk mencari penghasilan.

Dengan karirku sebagai [Youtube Content Creator] dan Blogger, aku sangat bersyukur memiliki rumah yang bisa aku manfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang aktivitasku sehingga aku bisa menjadi manusia yang produktif meskipun ketika ada di dalam rumah.

Oke mungkin cukup sekian tulisanku kali ini, kalian ada pertanyaan mengenai tempat tinggal yang nyaman? Atau kalian punya pengalaman unik tentang rumah atau hunian yang sekarang kalian tempati? Silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

Comments