Teknologi dan Budaya VLOG di Indonesia, dari Bocah hingga Presiden

Indonesia adalah negara berkembang yang masih merintis untuk bisa menjadi negara maju. Meski begitu, hal tersebut bukan alasan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak melek teknologi. Hingga detik ini, pengguna internet di Indonesia semakin banyak dan mayoritas didominasi oleh kaum muda.

Dengan menjadi negara yang melek teknologi, terutama media sosial, para pengguna internet di Indonesia semakin kreatif dalam menghasilkan karya-karya digital, baik dalam bentuk foto, tulisan, maupun video yang diupload melalui media sosial.


Kreativitas yang sedang ramai dilakukan oleh para pengguna teknologi di Indonesia adalah membuat sebuah karya dalam bentuk Video Blog atau yang sering disingkat menjadi ‘VLOG’. Vlog yaitu sebuah karya dalam bentuk video yang berisi tentang cerita maupun konten yang berkaitan dengan aktivitas keseharian maupun hobi para pembuat video blog.




Budaya vlog di Indonesia sendiri sudah mewabah kepada berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil yang aktivitasnya masih bermain-main, pemuda dan gadis-gadis dengan berbagai macam hobi, hingga pemimpin negara Indonesia yaitu bapak Jokowi tidak luput dari aktivitas membuat video blog ini.

Hingga beliau pun pernah menghimbau kepada masyarakat Indonesia khususnya untuk pelajar agar kedepannya didirikan sebuah jurusan video blog. Hal ini sangat penting menurut bapak Jokowi, karena aktivitas vlog ini sangat mengedukasi masyarakat Indonesia dengan membagikan ilmu dan pengalaman secara efektif dari setiap individu yang mempunyai bermacam-macam keterampilan.

Hal ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi di Indonesia bisa menumbuhkan kreativitas masyarakat Indonesia dengan membuat sebuah cara pembelajaran baru dalam mendalami sebuah ilmu. Inovasi video blog tentunya telah memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sosial. Berikut saya paparkan manfaat yang bisa dirasakan setelah masyarakat berinovasi mengenai teknologi video blog dalam kehidupan sosial.
  1. Mengasah kreativitas

     
Bagi para pembuat video blog atau yang biasa disebut Youtube Content Creator, membuat sebuah karya dalam bentuk video akan mengasah kreativitas para pembuatnya. Mulai dari mendalami cara pengambilan video, memanfaatkan keterbatasan gadget yang ada untuk membuat video, menata lighting, editing, hingga memikirkan sebuah konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk para penonton.

Untuk para pemula, hal ini tentunya tidak mudah dan perlu proses. Tetapi dengan memiliki tekad dan konsisten dalam mengasah skill, seiring berjalannya waktu maka satu persatu kesulitan itu akan berubah menjadi kemudahan dan menjadi sebuah kebiasaan.

  1. Sharing is Caring

Kita semua tahu bahwa dalam setiap diri manusia terdapat kelebihan maupun kekurangan. Berdasarkan hal tersebut, bisa jadi kelebihan yang ada pada diri kita bisa menutupi kekurangan yang ada pada orang lain, dan begitupun sebaliknya. Hal tersebut bisa terjadi jika kelebihan yang kita miliki bisa diketahui dan dipelajari oleh orang lain. Lalu bagaimana caranya agar orang lain bisa tahu dan bisa belajar dari kelebihan kita? Yaitu dengan sharing atau berbagi.

Pada zaman dahulu, berbagi pengalaman dan kemampuan bisa dilakukan dengan presentasi di atas panggung, pidato, atau ceramah. Biasanya orang yang naik ke atas panggung adalah orang yang sudah terkenal dan cukup sukses di lingkungannya.

Tetapi hari ini, kita tidak perlu menunggu sukses dan terkenal untuk bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman. Dengan membuat video blog dan membagikannya di internet. Orang yang membutuhkan pengetahuan tersebut akan sangat terbantu dengan apa yang kita bagikan di internet.

Selain itu, dengan berbagi internet, jangkauan penonton semakin luas dan semakin banyak pula orang yang merasa terbantu dari apa yang telah kita bagikan di internet. Bahkan seluruh dunia bisa menonton video yang kita buat dan bisa ditonton berkali-kali, sehingga kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang banyak.
  1. Mendapatkan penghasilan


Selain bisa menyalurkan hobi dan membantu orang banyak, membuat video blog juga bisa mendatangkan rejeki loh. Sudah banyak vlogger-vlogger di Indonesia yang telah meraup keuntungan dari hasil membuat video blog di internet.

Dengan mendapatkan penghasilan, kita menjadi lebih semangat dalam membuat video-video selanjutnya dan bisa terus menginspirasi orang lain agar bisa ikut berbagi juga. Selain itu penghasilan juga menjadi sebuah simbol bahwa karya-karya yang kita buat ternyata dihargai oleh orang lain. Hal itu akan memotivasi diri kita untuk terus berkarya.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang akan kamu rasakan ketika memulai membuat video blog, dan manfaat itu akan lebih terasa ketika kamu memulainya dari sekarang.

Kesimpulan dari tulisan kali ini adalah perkembangan teknologi di Indonesia akan terus berkembang di masa depan seiring dengan perkembangan teknologi di seluruh dunia. Kita sebagai masyarakat Indonesia tentunya harus memanfaatkan kemajuan ini semaksimal mungkin.

Dengan peka terhadap perkembangan teknologi, kita bisa menggunakan kecanggihan teknologi tersebut untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada di negara kita. Contohnya seperti pendidikan yang belum merata bisa terpecahkan dengan adanya video-video blog yang berisi tentang pendidikan yang bisa mengedukasi secara gratis dan bisa ditonton oleh seluruh masyarakat indonesia.



Video blog hanyalah contoh kecil dari cara memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kemajuan negara kita. Manfaat lainnya akan kalian temukan seiring dengan perkembangan zaman, asalkan kalian mau belajar, berproses dan terus berinovasi untuk memajukan negara ini.

Oke mungkin cukup sekian ya tulisan kali ini, semoga tulisan yang saya buat kali ini bisa bermanfaat buat kalian. Kalau kalian ada pertanyaan mengenai berkembangan teknologi dan cara membuat video blog, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya, atau kalian punya pengalaman unik tentang VLOG? Tulis juga di kolom komentar di bawah. I’ll see you in the next post and sayonara! Sampai jumpa

Comments